PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI
1. Darmayantie Syahputri (11-003)
2. Rizki Hasanah (11-029)
3. Winda Lydia Sari (11-067)
4. Nurul Fadhillah Srg. (11-071)
5. Dinarti Utari (11-093)
2. Rizki Hasanah (11-029)
3. Winda Lydia Sari (11-067)
4. Nurul Fadhillah Srg. (11-071)
5. Dinarti Utari (11-093)
Pada postingan kali ini, kami akan membahas tentang Pendidikan dan Teknologi.
Pertama, kami akan menjelaskan
persinggungan di antara kedua hal tersebut. Menurut kami, persinggungan
tersebut terjadi pada saat teknologi membantu untuk menunjang
pendidikan.Contohnya adalah ketika guru ingin menggambarkan tentang
suatu hal pembelajaran, maka teknologilah yang membantu agar murid-murid
dapat mengeksplorasi dan interaktif terhadap materi pembelajarannya,
serta memperluas wawasan mereka. Peran teknologi juga dirasakan dalam
pendidikan informal, dimana masyarakat dapat mengakses informasi
dimanapun dan darimanapun.
Kedua, kami akan membahas perbandingan standar murid untuk berteknologi dalam teori dan kenyataannya khususnya di Medan.
Pra-TK - Grade Dua
Pada kehidupan sehari-hari, umunya anak di Medan pada periode ini telah :
- sudah mampu menggunakan alat input dan output pada komputer namun merupakan kombinasi pengajaran dari lingkungan keluarga juga.
- menggunakan sumber daya multimedia untuk pembelajaran, salah satunya adalah Edu Games yang merupakan software untuk belajar sambil bermain.
- anak-anak juga dibantu dan bekerja sama dengan teman dan anggota keluarganya dalam menggunakan teknologi.
- pada beberapa sekolah, guru sudah menerapkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Misalnya dengan menampilkan video untuk memperdalam pemahaman anak.
Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan standar untuk murid yang melek teknologi di Medan semakin baik dan hampir sesuai dengan harapan dan standar.
Ketiga, kami akan membahas mengenai Ubiquitous Computing, yaitu teknologi yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan daripada distribusi personal. Ciri-cirinya adalah:
- memungkinkan user bersifat dinamis
- perangkat teknologi bersifat portabel, kecil, dan murah
- menjadi latar belakang kehidupan manusia
Ubiquitous Computing adalah kebalikan dari realitas virtual
dimana memaksa komputer untuk eksis di dunia manusia. Contohnya ketika
kita ingin bermain piano. Sebelum era ini, kita harus berhadapan
langsung dengan piano tersebut. Tapi, sekarang kita bisa langsung
memainkannya dengan cara meng-install program tersebut langsung di perangkat teknologi kita. Sehingga kita bisa memainkannya dimana saja dan kapan saja.
Perangkat komputer pada era ini sangat menunjang pendidikan karena dapat
membantu murid untuk mengerjakan tugas dan dapat dibawa pulang dimana
mereka bisa bekerja sama dengan teman lain tanpa dibatasi jarak.
Sekian dari kami. Terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar